Apa Saja Faktor Penentu Harga Jasa Desain Logo?

Ketika Anda hendak membuka jasa desain logo, Anda perlu menyiapkan harga jasa Anda. Harga jasa desain logo ini bisa ditentukan berdasarkan beberapa faktor. Mulai dari skill hingga kerumitan desain yang diminta.

  • Skill

Pahami diri Anda terlebih dahulu dan ketahui bagaimana kemampuan untuk membuat logo. Jika kemampuan Anda masih dibilang kurang bagus atau masih pemula, maka jangan menentukan harga yang terlalu tinggi.

Ini karena ketika Anda masih pemula, Anda harus mencari pangsa pasar terlebih dahulu. Ketika pangsa pasar Anda sudah ada, baru Anda bisa meningkatkan harga jasa desain logo.

Agar target pasar Anda mau menggunakan jasa Anda, maka Anda harus menyiapkan portofolionya. Jadi, pangsa pasar Anda bisa menilai apakah akan menggunakan jasa Anda atau tidak.

  • Riset
Apa Saja Faktor Penentu Harga Jasa Desain Logo?
Apa Saja Faktor Penentu Harga Jasa Desain Logo?

Pastikan Anda riset terlebih dahulu. Anda bisa mengecek situs freelance desain logo ataupun perusahaan jasa lainnya.

Dari riset ini, Anda bisa tahu range harga yang ada di pasaran. Jadi, Anda bisa menentukan apakah harga Anda nantinya ada di bawah rata-rata, ideal atau justru terlalu tinggi.

  • Target Audience

Tentukan siapa pangsa pasar atau target audience Anda. Memang, untuk desain logo, Anda memiliki pangsa pasar yang luas karena siapa saja bisa membutuhkan logo.

Namun, tujuan menentukan target audience ini adalah agar Anda bisa lebih fokus. Misalnya, Anda ingin menembak pangsa pasar kelas menengah khususnya ibu-ibu yang baru memulai bisnis. Dari target ini, Anda bisa lebih fokus untuk strategi pemasarannya.

Jika target pasar terlalu luas, maka akan membuat Anda bingung untuk pemasarannya.

  1. Lama Pengerjaan

Masing-masing orang memiliki kemampuannya tersendiri untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Lama pendeknya waktu untuk menyelesaikan pekerjaan ini ternyata juga berpengaruh pada harga jasa yang ditentukan.

Semakin lama waktu pengerjaannya, maka harganya akan semakin mahal. Begitu juga sebaliknya. Jika terlalu singkat, maka harganya juga akan lebih mahal.

Mengapa? Ketika waktu pengerjaan terlalu singkat, maka Anda harus menggunakan waktu Anda seefektif mungkin. Anda juga tidak bisa mengerjakan pekerjaan yang lainnya.

Sebaliknya, jika terlalu lama, biaya seperti listrik juga akan membengkak. Alhasil, harga jasa juga akan lebih mahal.

  • Flat vs Hours

Flat vs hours berkaitan dengan lamanya waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pesanan logo. Tarif flat akan dihitung per hari. Sedangkan tarif hours ditentukan per jam.

Masing-masing aturan tersebut ada plus minusnya. Misalnya untuk aturan flat, harga bisa lebih murah dan ada jam khusus. Jadi, klien tidak bisa memaksa untuk menyelesaikan desain di luar jam yang ditentukan, kecuali dengan kesepakatan tertentu.

Sedangkan hours, bisa dikatakan bahwa Anda harus lembur untuk mengerjakan desain logo tersebut. Ini karena harganya ditentukan berdasarkan lama pengerjaan per jamnya.

  • Kerumitan Desain

Tentukan desain mana yang perlu memiliki harga tinggi dan mana yang harganya murah. ini karena kerumitan desain akan berpengaruh pada skill dan juga waktu pengerjaan.

Dengan deretan faktor di atas, Anda kemudian bisa melakukan analisa. Setelah itu Anda bisa menentukan harga jasa desain logo yang tepat untuk Anda. 

 

Related Article