Cara Cek Backlink Kompetitor dengan Praktis dan Mudah

Ketika Anda ingin optimasi website dengan backlink, Anda tidak hanya perlu mengecek backlink milik Anda sendiri. Anda pun perlu mengecek backlink kompetitor agar Anda tidak kalah bersaing atau menyusun strategi optimasi lainnya. Untuk itu, cara cek backlink kompetitor berikut perlu Anda lakukan.

Caranya adalah dengan menggunakan tools, baik tools gratis atau berbayar. Tanpa tools, mengecek backlink kompetitor terdengar mustahil untuk dilakukan.

Maka dari itu, agar Anda bisa mengecek backlink kompetitor dengan menggunakan tools berikut:

  • Ahref

Ahref bisa dibilang sebagai salah satu tools optimasi SEO yang paling terpercaya. Salah satu alasannya adalah karena Ahref memiliki tingkat crawling tinggi bahkan yang tertinggi kedua setelah Google. Maka dari itu, data Ahref terpercaya.

Cara cek backlink kompetitor bisa dilakukan dengan mudah di Ahref dan tahapannya, yaitu:

  1. Masuk ke Ahref backlink checker.
  2. Masukkan URL dari website competitor.
  3. Klik check backlink dan tunggu hingga proses checking selesai.

Anda bisa menggunakan backlink checker ini dengan akun gratis atau berbayar. Bedanya, jika Anda menggunakan Ahref yang berbayar, maka informasi backlink kompetitor akan lebih lengkap. Dengan begitu, Anda bisa menganalisa dengan lebih tepat dan lengkap.

  • SEMRush
Cara Cek Backlink Kompetitor dengan Praktis dan Mudah
Cara Cek Backlink Kompetitor dengan Praktis dan Mudah

SEMRush bisa Anda gunakan sebagai tools optimasi SEO termasuk mengecek backlink. SEMRush aktif melakukan crawling hingga 17 miliar URL per harinya. Maka dari itu, hasil crawling backlink yang dilakukan oleh SEMRush juga lebih lengkap.

Untuk menggunakan SEMRush, Anda harus memiliki akun dan memilih apakah akan trial atau langsung berbayar. Jika Anda menggunakan versi trial, Anda hanya bisa mengaksesnya selama 7 hari saja. Sedangkan versi berbayar, Anda perlu memilih paket langganan sekitar $99.95-$399.95 per bulannya.

Dengan harga yang cukup tinggi, Anda akan mendapatkan keunggulan seperti berikut:

  1. Bisa diintegrasikan dengan Google Analytic, Majestic dan Google Search Console.
  2. Dapat membandingkan progress link building untuk 5 domain competitor dalam sekali cek.
  3. Ada fitur disavow untuk menghapus backlink Anda sendiri dan menolak backlink.
  4. Mendeteksi backlink dofollow dan nofollow.
  • Moz Pro

Moz biasanya digunakan untuk mencari tahu DA/PA website. Namun, Anda juga bisa menggunakan Moz Pro untuk mengecek backlink. Maka dari itu, penyedia jasa backlink pbn premium murah juga banyak yang menggunakan Moz Pro.

Tools ini dilengkapi dengan data lebih dari 40 triliun backlink. Jadi, data yang Anda dapatkan dari pencarian backlink di Moz Pro lebih lengkap dan mendalam.

Setiap hasil pencarian menggunakan Moz Pro, Anda akan mendapatkan statistic lengkap, termasuk dofollow dan nofollow.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan versi gratis dengan fitur terbatas atau menggunakan versi lengkap dan berbayar.

Jadi, kalau Anda ingin tahu cara cek backlink kompetitor, maka Anda perlu menggunakan tools seperti 3 tools di atas. Anda bisa memilih tools mana yang sekiranya cocok dan nyaman untuk digunakan agar optimasi SEO lebih optimal. 

Related Article