harga jasa desain interior

Harga jasa desain interior memiliki rentang nilai yang sangat variatif. Tidak ada patokan harga yang baku sebagai dasar perhitungan. Ini merupakan hal yang wajar dan berlaku juga di banyak bidang kreatif lain. Karena itulah Anda harus benar-benar memahami cara perhitungan biaya agar mendapatkan harga yang ideal.

Sebelum membahas harga, tentukan dulu konsep yang Anda inginkan. Langkah ini sangat penting karena berpengaruh besar pada harga yang harus Anda bayar. Sama seperti seorang desainer yang memerlukan inspirasi desain website, Anda juga harus mencari informasi sebanyak mungkin tentang konsep interior. Kalau Anda sudah menentukan konsep, buat kalkulasi awal dengan beberapa metode berikut ini :

 

Cara Menghitung Harga Jasa Desain Interior

 

  • Persentase Anggaran

Harga jasa desain interior bisa ditetapkan berdasarkan persentase dari total anggaran. Banyak desainer yang menggunakan metode ini untuk menentukan biaya jasa mereka. Biasanya, semakin besar anggaran yang Anda tentukan, semakin kecil persentase biaya jasa yang harus Anda bayar.

Misalnya, jika anggaran Anda sebesar 2 miliar, desainer mungkin hanya membebankan biaya jasa sebesar 3%. Lain ceritanya jika Anda hanya menyiapkan anggaran sebesar 500 juta, persentase jasa bisa mencapai 5%-6%. Semuanya tergantung dari tingkat kesulitan dan kualitas desainer.

 

  • Per Meter Persegi

Ada juga desainer yang menetapkan harga jasa desain interior berdasarkan luas ruangan. Terlepas dari berapa besar anggaran yang Anda punya, harga dihitung dalam kelipatan satuan meter persegi. Cara ini lebih mudah dan lebih bisa diprediksi. Anda bisa menghitung biaya bahkan sebelum menghubungi desainer secara langsung.

Rentang harganya masih cukup variatif. Ada yang mematok harga sebesar 250 ribu per meter persegi, ada juga yang mencapai 500 ribu. Banyak faktor yang memengaruhi harga seperti tingkat kesulitan, kompleksitas desain, hingga reputasi. Jasa desainer senior yang sudah berpengalaman tentu lebih mahal dibandingkan desainer yang masih merintis karir.

 

  • Gambar Per View

Hasil kerja seorang desainer interior adalah gambar desain yang menjadi acuan bagi dekorator. Dengan metode perhitungan per view, semakin banyak gambar yang Anda butuhkan, semakin besar pula harga jasa desain interior yang harus Anda bayarkan. Dengan cara ini, Anda yang menentukan berapa banyak gambar yang ingin dibuat dan sudut pandang mana yang harus diambil.

Harga kisaran dimulai dari 750 ribu per view. Tentukan dulu konsep ruangan yang ingin Anda buat, sudut pandang mana yang ingin Anda ambil, lalu berapa banyak gambar yang dibutuhkan untuk dekor ulang ruangan. Dengan cara ini, total biaya bisa Anda perkirakan sejak awal.

 

Negosiasi Harga Jasa Desain Interior

Karena rentang harga yang sangat variatif dan cenderung subjektif, langkah negosiasi tentu tidak dapat dihindari. Biasanya, desainer yang akan mengajukan harga awal terlebih dahulu. Anda bisa mengajukan negosiasi dengan menyertakan alasan-alasan tertentu. Dari hasil tawar-menawar inilah Anda akan mendapatkan harga jasa desain interior final yang menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Related Article