Mungkin bagi sebagian dari kalian jarang mendengar pekerjaan bernama data entry. Pekerjaan ini sangat sederhana. Kenapa bisa dibilang sangat sederhana? Karena pekerjaan ini hanya memasukan data yang dipesan pelanggan ke sebuah tempat, seperti website, blog, toko online, atau ke tempat penyimpanan online (cloud). Walaupun pekerjaan ini sangat sederhana. Belum tentu kamu bisa dengan mudah menguasai dan mendapatkannya. Semua dikarenakan persaingan untuk menjadi seorang data entry sangat ketat. Apa saja kemampuan yang harus dimiliki untuk bisa kerja online input data ?

Memahami Dasar Penggunaan Komputer

Ada banyak hal dasar tentang komputer yang kamu ketahui. Kamu harus mengetahui seluk beluk aplikasi Microsoft dari Word, Excel, dan lain-lain. Kamu juga harus tahu software-software yang berkaitan dengan “spreadsheet programs”.

Menguasai Pengetikan Dengan Baik

Kamu harus bisa mengetik dengan 10 jari. Bukan lagi kamu mengetik dengan beberapa jari. Bisa mengetik dengan cepat dan tepat akan menjadi nilai lebih bagi kamu. Selain itu kamu juga harus hafal tombol-tombol shortcut seperti ctrl+B untuk Bold, ctrl+I untuk Italic, dan lain-lain.

Terbiasa Dengan Bahasa Inggris

Kamu tidak harus mengerti bahasa Inggris dengan baik. Kamu juga tidak harus mengikuti les bahasa Inggris. Kamu hanya perlu terbiasa bekerja dengan keadaan yang mayoritas berbahasa Inggris. Tentu hal ini mendukung jika kamu berhadapan dengan data-data dan software berbahasa Inggris.

Mengikuti Training Dasar

Pekerjaan online bukan berarti kamu terbebas dari tuntutan keahlian. Kamu harus mengikuti training atau les yang disediakan berbagai macam tempat. Sekarang di internet sudah terdapat beberapa website yang bisa kamu kunjungi untuk belajar data entry.

Tahu Jenis-Jenis Data Entry

Data entry tidak sekadar memasukkan data ke dalam bentuk Excel. Mungkin jika kamu bekerja di kantor akan seperti itu. Tetapi jika bekerja di rumah kamu bisa memilih banyak pekerjaan data entry, seperti mengisi survei, mengisi formulir, mengubah gambar menjadi teks, memformat ulang, mengubah format audio menjadi teks, dan menulis caption.

Data entry bukan pekerjaan yang terlalu sulit. Apalagi bagi kamu yang tidak memiliki skill khusus yang mumpuni. Pekerjaan ini bisa kamu pilih sebagai salah satu alternatif. Jika kamu sudah memilih pekerjaan ini. Kamu juga harus mengetahui kiat-kiat agar penghasilan kamu tidak sedikit. Alasan lainnya adalah untuk menghadapi persaingan mencari pekerjaan yang semakin ketat.

Related Article