Langkah-Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Pada saat anda mencari pekerjaan, maka yang perlu dibutuhkan pada saat anda melamar pekerjaan yaitu surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja adalah hal yang paling penting untuk menentukan apakah anda dapat diterima kerja pada tempat yang anda lamar maupun tidak. Maka anda tentunya harus memperkenalkan diri anda secara benar tanpa perlu berbohong, sehingga hal ini dapat menambah nilai untuk perusahaan yang akan menerima kerja. Sehingga hal ini anda harus membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar kemungkinan besar diterima pada perusahaan yang anda inginkan semakin terbuka lebar. Hal ini disebabkan karena begitu banyak orang yang sangat memerlukan pekerjaan, akan tetapi lapangan kerja yang tersedia tidak memenuhi. Sehingga kemungkinan besar untuk masuk pada perusahaan yang anda inginkan bisa saja menjadi sulit, karena adanya persaingan yang ketat.

Langkah-Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Terdapat langkah-langkah untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, sehingga hal ini dapat membantu anda untuk dapat diterima pada perusahaan yang anda inginkan. Berikut langkah-langkah membuat surat lamaran kerja, yaitu:

  1. Pertama anda menulis tempat dan tanggal penulisan surat. Setelah itu anda menuliskan kepada yang terhormat nama orang beserta gelar dan juga jabatan atau perusahaan yang dituju. Menuliskan alamat lengkap perusahaan hal ini tidak boleh terlewatkan. Setelah itu anda menuliskan salam pembuka sekaligus kata pengantar atau pembuka, pada saat menuliskan kata pengantar atau pembuka pada surat lamaran kerja, maka cantumkan dimana anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja yang dibutuhkan pada perusahaan yang dituju. Baik itu dari surat kabar ataupun internet dan sebutkan posisi yang anda pilih dalam perusahaan yang dibutuhkan. Selanjutnya anda menuliskan biodata pribadi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor handphone atau telepon, email, serta pendidikan terakhir. Setelah itu anda menuliskan pengalaman kerja dan juga kemampuan anda, apabila anda sebelumnya pernah bekerja, namun jika belum pernah bekerja, maka tidak perlu dicantumkan, selain itu anda juga perlu menuliskan kemampuan anda apabila dibutuhkan pada perusahaan tersebut. selanjutnya anda menuliskan kata penutup seperti menuliskan bahwa anda memiliki keinginan besar agar diterima pada perusahaan tersebut dan mengucapkan terima kasih. Setelah itu anda lampirkan surat lamaran kerja anda, hal ini agar perusahaan merasa yakin untuk dapat menerima anda, lampiran yang dapat menambah nilai anda seperti pas foto yang terbaru, fotokopi ktp, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi sertifikat kompetensi seperti kursus atau pelatihan yang pernah diikuti. Langkah terakhir yaitu menuliskan hormat saya sekaligus tanda tangan serta nama lengkap anda.

Bagi anda yang akan mendaftar pekerjaan, mungkin beberapa langkah-langkah membuat surat lamaran kerja diatas dapat membantu anda, sehingga hal ini tentunya dapat menambah pengetahuan sekaligus wawasan. Karena ketika anda mencari pekerjaan dan melamar pekerjaan, maka surat lamaran kerja sangat dibutuhkan.

Related Article