Tips Sederhana Membuat Desain Produk Makanan Kemasan

Ketika membuat bisnis makanan kemasan, desain kemasan adalah faktor penting yang harus benar-benar mendapat perhatian. Kemasan yang menarik akan meningkatkan branding, masyarakat pun merasa penasaran, dan penjualan kian naik. Inilah mengapa, desain produk makanan kemasan sebaiknya dikerjakan oleh orang yang ahli dan mengerti psikologi masyarakat pada umumnya. Hal ini penting, karena dari warna, corak, jenis font tulisan, serta isi tulisan dalam kemasan itu sendiri adalah senjata utama bagaimana masyarakat bisa tertarik atau tidak.

Oleh sebab itu, jika ingin membuat desain produk kemasan makanan, coba ikuti panduan simple di bawah ini.

  1. Pilih Warna Kemasan Sesuai Jenis Produk

Dalam menentukan warna kemasan suatu produk, Anda harus paham bahwa warna tersebut mewakili makanan yang Anda jual. Contohnya saja, makanan dengan rasa rumput laut, biasanya menggunakan kemasan berwarna hijau gelap. Mengapa demikian? Karena masyarakat cenderung berpikir bahwa rumput laut berwarna hijau, sehingga warna hijau pada kemasan seolah melambangkan rumput laut tersebut. Bahkan dari warna kemasan, orang seolah sudah dapat membayangkan seperti apa rasanya.

Contoh lainnya, brand-brand yang menjual ayam goreng tepung, kebanyakan menggunakan warna merah dan kuning atau oranye untuk menggambarkan kehangatan ayam yang dijual.

  1. Tentukan Jenis dan Bentuk Kemasan

Kemasan makanan biasanya terbuat dari macam-macam bahan. Ada yang dari kertas karton, plastik, dan lain sebagainya. Kemudian, Anda juga sebaiknya menentukan bentuk kemasan yang cocok dengan jenis makanan yang akan dijual. Contohnya saja, Anda menjual ayam goreng, kemasan yang cocok biasanya dari bahan karton dengan bentuk kotak. Baru setelah itu, Anda dapat memikirkan ide kreatif apa yang membuat desain kemasan lebih unik.

  1. Gunakan Tulisan yang Eye-Catching

Nama produk yang unik akan lebih menarik jika dipadukan dengan jenis font yang dipakai. Semakin kreatif semakin menarik. Namun, usahakan tulisan tersebut bisa dibaca dengan mudah tapi memberi kesan yang dalam.

  1. Pilih Slogan yang Sederhana tapi Berkesan

Selain nama produk, jangan lupa memberi slogan pada kemasan tersebut. Slogan akan merepresentasikan makanan beserta perusahaan Anda. Inilah mengapa, penting sekali untuk memikirkan slogan dengan baik dan kreatif.

Related Article