Selain memiliki dampak positif seperti memudahkan komunikasi, media sosial juga nyatanya dapa membawa dampak negatif bagi penggunanya. Sebut saja media sosial Instagram yang karena memiliki konten yang cukup menarik, banyak orang yang akhirnya rela menghabiskan waktu hingga berjam-jam hanya untuk memandangi layar gadget dan terus melihat postingan pada Instagram setiap hari. Bagaimana tidak, fitur yang ditawarkan Instagram membuat semua orang bisa mengunggah momen melalui foto maupun video. Filter yang ditawarkan juga beragam. Kita dapat mengtur feed sesuai yang kita inginkan setelah sebelumnya kita mengedit foto terlebih dahulu dengan bantuan aplikasi edit foto terbaik. Hal itu berarti banyak orang yang kecanduan menggunakan Instagram.

Cara terbaik mengurangi kecanduan media sosial adalah dengan melakukan penghentian penggunaan smartphone untuk mengakses media sosial atau biassa disebut dengan social media detox. Jadi, social media detox adalah mengurangi atau bahkan menghilangkan kecanduan dengan cara menghentikan sementara atau bahkan berhenti total untuk menggunakan media sosial.

Pada Instagram, ada dua pilihan yang dapat digunakan untuk menonaktifkan akun. Yaitu penonaktifan sementara dan penonaktifan atau penghapusan akun secara permanen. Jika kamu belum yakin untuk menonaktifkan akun secara permanen dan hanya ingin mengurangi penggunaan Instagram, kamu bisa memilih untuk menonaktifkan akun sementara. Sebenarnya akun tidak dihapus oleh Instagram. Hanya dinonaktifkan sementara. Jika menonaktifkan akun sementara, maka akun, foto profil, feed, komentar bahkan foto yang menandai kamu akan disembunyikan. Pengguna lain tidak akan menemukan akun Instagram-mu. Tetapi tenang, Instagram tidak menghapus akunmu. Nantinya kamu bisa mengaktifkannya kembali.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan sementara akun Instagram ?

  1. Buka browser karena aplikasi Instagram untuk smartphone tidak mendukung fasilitas ini dan klik link Deactivate Instagram Account kemudian login pada laman tersebut.
  2. Setelah masuk ke halaman menonaktikfkan akun tersebut, kamu akan membaca peringatan dari pihak Instagram dan penjelasan dari penghapusan sementara akun tersebut.
  3. Pilih alasanmu melakukan penghentian akun. Tersedia beberapa pilihan yang bisa dipilih.
  4. Masukkan kata sandi akunmu untuk memastikan bahwa akun tersebut benar akun Instagram-mu.
  5. Klik Akun Dinonaktifkan Sementara.
  6. Dan kamu akan kembali ke halaman login Instagram. Tunggulah beberapa waktu hingga Instagram berhasil menonaktifkan akunmu.

Atau, kamu juga bisa menonaktifkan sementara akun dengan cara :

  1. Kunjungi situs Instagram dari browser dan kemudian login. Klik foto profil yang ada disudut kanan atas dan klik Edit Profil.
  2. Lalu akan muncul tampilan menu dan silakan gulir ke bawah hingga menemukan menu Nonaktifkan Sementara Akun Saya yang berada disisi kanan bawah.
  3. Selanjutnya pilih opsi yang muncul dari pertanyaan Mengapa Anda Menonaktifkan Akun.
  4. Masukkan password dan klik Nonaktifkan Akun Sementara.
  5. Akun Instagram-mu pun tidak akan ditemukan oleh siapapun

Kamu bisa kembali melakukan login akun Instagram seperti semula jika ingin menggunakan kembali akun Instagram-mu. Dan yang terpenting kamu sudah siap menerima risiko apabila akun Instagram-mu ditutup, meskipun sementara.

Demikian cara mudah menonaktifkan sementara akun Instagram. Tetap bijak menggunakan Instagram agar dapat merasakan manfaatnya.

Related Article